Thursday, April 24, 2008

Jelang Pilgub, Ekonomi Jateng Tumbuh

SEMARANG, KAMIS - Maraknya kegiatan partai politik dan kadernya menyiapkan sosialisasi dan penggalangan mendukung calon gubernur di Jawa Tengah, menjelang pelaksanaan pemilihan gubernur Jateng 2008 diperkirakan telah memicu pertumbuhan ekonomi regional Jateng pada triwulan I-2008.
Deputi Pemimpin Kantor Bank Indonesia Semarang, Mahdi Mahmudy, Kamis (24/4) saat memaparkan pertumbuhan ekonomi Jateng menyatakan, Produk Domestik Regional Bruto Jawa Tengah triwulan I-2008 tumbuh sebesar 5,53 persen (year on year), lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan triwulan I-2007 hanya 5.37 persen atau lebih tinggi dari triwulan IV-2007 juga hanya 5,51 persen.
Pertumbuhan ekonomi ini secara sektoral di antaranya , didorong sektor industri pengolahan, sektor perdagangan, hotel dan restoran dan sektor jasa. Dari ke tiga sektor itu, pertumb uhan paling pesat mencapai 5,64 persen di sektor perdagangan, hotel dan restoran (PHR).
"Pertumbuhan PHR akibat maraknya program penjualan di berbagai pusat perbelanjaan, juga even seminar, musyawarah atau pertemuan beberapa partai politik serta persiapan menjelang pelaksanaan pemilihan gubernur Jateng pada 22 Juni 2008," kata Mahdi Mahmudy.
Mahdi Mahmudy mengatakan, sektor industri pengolahan tumbuh karena tingginya pertumbuhan sub sektor industri migas sebesar 24,61 persen (yoy). Sedangkan, industri non migas tumbuh 6,08 persen terkait meningkatnya volume produksi migas sejalan dengan tingginya harga minyak di pasar internasional. Pertumbuhan sektor jasa didorong oleh pertumbuhan sub sektor jasa pemerintah sebesar 12,73 persen, hal ini diperkirakan karena mulai tingginya realisasi APBD khususnya pos belanja barang dan jasa.

No comments: