Thursday, April 24, 2008

Indosat - Comdev

Sebagai perusahaan publik yang beroperasi di Indonesia dan melayani kebutuhan telekomunikasi masyarakat Indonesia, Indosat senantiasa berupaya untuk tetap konsisten melaksanakan program tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) yang memberikan manfaat dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan bangsa Indonesia secara berkesinambungan. Memahami berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat saat ini, Indosat berupaya agar seluruh kegiatan CSRnya dapat terlaksana dengan baik dan tepat kepada sasaran dalam memberikan manfaat terbaik bagi masyarakat yang bersifat jangka panjang.

Visi CSR IndosatProgram diarahkan untuk membangun kebanggaan seluruh stakeholder termasuk karyawan terhadap Indosat serta sesuai dengan standard internasional yang berlaku.
Misi CSR IndosatSejalan dengan misi perusahaan yaitu meningkatkan kualitas hidup komunitas dan masyarakat.
Program CSRProgram CSR Indosat diimplementasikan dengan berdasarkan pada prinsip-prinsip integritas, akuntabilitas,

Berangkat dari pemikiran bahwa generasi muda merupakan tulang punggung masa depan bangsa, sejak tahun 2004 Indosat melaksanakan program CSR yang berfokus pada pendidikan dengan tema INDONESIA BELAJAR. Pendidikan dipilih dengan latar belakang kondisi masyarakat Indonesia yang menurut statistik dan hasil penelitian masih tertinggal jauh dengan negara lain. Padahal kunci peningkatan kualitas kehidupan bangsa terletak pada kualitas pendidikan masyarakatnya, khususnya generasi muda, untuk dapat meraih masa depan yang lebih baik.

Di samping itu, dengan makin berkembangnya program CSR bidang pendidikan, Indosat mulai berupaya membantu masyarakat di bidang yang lain, yaitu kesehatan. Tingkat kesehatan ibu dan anak dirasa sudah semakin memprihatinkan, khususnya di daerah-daerah terpencil. Oleh sebab itulah, Indosat mulai tahun 2007 mengembangkan program CSR di bidang ini melalui payung program Indonesia Sehat.

Kegiatan cepat tanggap Indosat untuk membantu masyarakat juga menjadi bagian dari program CSR Indosat. Di bawah payung Indosat Peduli, perusahaan berupaya memberikan bantuan sosial, pendidikan dan kesehatan yang bersifat filantropis kepada masyarakat yang membutuhkan. Di samping itu kegiatan cepat tanggap untuk membantu masyarakat di wilayah bencana telah dilaksanakan sejak dulu antara lain dalam bentuk bantuan makanan, pakaian dan kebutuhan primer lainnya, maupun dukungan telekomunikasi gratis bagi para korban. Indosat selalu berupaya untuk hadir dan membantu masyarakat, membantu masyarakat, seperti pada saat terjadi bencana tsunami di Aceh, tsunami di Pangandaran Ciamis, gempa di Yogya, Padang dan Bengkulu, banjir di Jakarta, Morowali, serta bencana di tempat-tempat lain.
Sedangkan program CSR yang mengajak pelanggan Indosat untuk berpartisipasi langsung ada di bawah payung program Berbagi Bersama Indosat. Lewat program ini pelanggan dapat menyalurkan bantuan atau donasinya kepada masyarakat yagn tidak mampu atau yang terkena musibah melalui pengiriman sms atau kegiatan lainnya.Program yang telah dilakukan diatas akan terus berjalan dan ditingkatkan kualitasnya. Seluruh program CSR yang dilaksanakan oleh Indosat akan terus dievaluasi secara berkala agar betul-betul dapat memberikan manfaat kepada masyarakat sesuai visi CSR Indosat berlangsung dengan baik dan mendapat sambutan yang hangat dari masyarakat khususnya kalangan dunia pendidikan, karena betapapun besarnya masalah yang dihadapi dunia pendidikan di Indonesia, maka setiap langkah nyata seperti yang dilakukan Indosat merupakan tahapan yang berarti untuk menuju masa depan yang lebih baik.

Indonesia Wireless Contest

Tujuan :membangkitkan budaya inovasi di kalangan generasi muda, sekaligus memberi wadah berkompetisi
Peserta 2006 :201 peserta dan mencetak 17 finalis dari kategori Software, Hardware & SMP/SMU. Tim Juri yang terlibat adalah para pakar teknologi, akademis & media.

Peserta 2007 :305 peserta dan mencetak 11 finalis di kategori idea generator dan 13 finalis di kategori product oriented hardware dan software
Coverage : Seluruh indonesia
KPI jumlah peserta meningkat, kualitas materi yang dilombakan meningkat, keluaran lomba lebih baik dsb.

Tindak lanjut jangka panjang, para pemenang IWIC (kategori hardware & software) akan menjadi freelancer Indosat yang wajib menciptakan berbagai inovasi yang bermanfaat di bidang teknologi wireless untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.


Testimoni juri (Onno W. Purbo)“Hasil kontes ini membuktikan bahwa sebenarnya bangsa ini memiliki kemampuan. Seharusnya hal seperti ini terus menerus dilakukan sehingga kita tidak hanya bisa memberi tapi juga menghasilkan sesuatu”

Tujuan :Meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar bidang Science,
Peserta :180 guru dari 60 SMA/MAN (2006), 240 guru dari 90 SMA / MAN (2007)
Partner :3 universitas di Sum-Bar (Universitas Andalas, Universitas Bung Hatta & Universitas Negeri Padang)

Coverage : Sumatera Barat, Jambi, Pekanbaru, Medan
KPIJumlah peserta meningkat, kualitas guru meningkat, minat siswa terhadap pelajaran IPA dan Matematika meningkat, ada modul yang bisa digunakan di tempat lain, serta terwujudnya suatu komunitas guru disuatu wilayah.

Testimoni Rektor Univ Bung Hatta (Prof. Yunazar M)“Diharapkan program ini dapat meningkatkan penguasaan guru terhadap fasilitas laboratorium dan membuat IPA dan Matematika menjadi pelajaran yang menarik & ditunggu-tunggu siswa”

Tujuan : Implementasi komitmen bantuan jangka panjang Indosat bagi generasi muda Aceh

Peserta :
Keterangan SDU Iqro SDIT Nurul Fikri
Murid 247 Guru 262
Murid 36 Guru 27

Sebagai kelanjutan dari dari berbagai program bantuan tanggap darurat bagi para korban bencana nasional tsunami, Indosat juga menyelenggarakan program bantuan jangka panjang dalam rangka menciptakan masa depan yang lebih baik bagi anak-anak Aceh berupa pendirian dua sekolah dasar di Aceh,yaitu :1. Sekolah Dasar Unggulan (SDU) IQRO di Sigli2. Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Fikri, Aceh Besar

Coverage :Nangroe Aceh Darussalam
KPI:Jumlah peserta meningkat, kualitas pendidikan dasar meningkat, minat siswa terhadap kegiatan belajar mengajar meningkat, serta terwujudnya suatu komunitas masyarakat yang berkualitas baik secara pendidikan, mental, dan spiritual (akhlak)
Testemoni Ibu Imas (PJ Kurikulum SDIT Nurul Fikri di Aceh Besar)“Sekolah ini memberikan kesempatan kepada kami untuk memberikan sumbangsih berupa ilmu & ketrampilan bagi masyarakat Aceh”